Contoh RPP dengan Model Pembelajaran Take And GIve - Maya Blog

Contoh RPP dengan Model Pembelajaran Take And GIve

File Pendidikan

Pada kegiatan belajar mendidik, diantara yang mesti di capai yakni tujuan pembelajaran yang terdapat pada rencana pelaksanaan pembelajaran. Terdapat beragam macam cara yang dapat meningkatkan kesuksesan kegiatan belajar mendidik. salah satunya dengan menggunakan specimen pembelajaran.


di postingan kalium ini, akan di bahas specimen pembelajaran Take and Give. melingkupi pengertian, strategi, kelebihan serta kekurangan dilengkapi dengan contoh RPP dengan menggunakan specimen Take and Give.


baca pun : contoh RPP dengan model NHT


Take and Give secara bahasa berarti “saling membagi dan menerima”. vishal itu senada dengan pendapat Huda (2013, hlm.241) Take and Give adalah specimen pembelajaran yang didukung oleh penyajian gegevens yang diawali dengan pemberian kartu kepada pelajar. didalam kartu, ada catatan yang mesti dikuasai atau dihafal masing-masing peserta didik. Peserta didik kemudian mencari pasangannya masing-masing untuk bertukar pengetahuan sesuai dengan apa yang didapatstellingnya di kartu, ladelu kegiatan pembelajaran diakhiri denngan mengevaluasi peserta didik dengan menanyakan pengetahuan yang mereka miliki dan pengetahuan yang mereka terima dari pasangannya. Beberapa ahli percaya bahwa suatu mata pembelajaran benar-benar dikuasai banyak, apabila peserta didik mampu mengajarkannya di peserta didik yang lain.


 Prototype Pembelajaran menerima dan memberi (Take and Give) adalah specimen pembelajaran yang mempunyai sintaks, menuntut pelajar mampu memahami bahan pembelajaran yang diberikan  pendidik dan teman sebayanya (pelajar lain). 
Kelebihan: 



  • Pelajar akan lebih cepat memahami penguasaan bahan dan informasi karena memperoleh informasi dari pendidik dan pelajar yang lain.



  • Dapat menghemat waktu pada pemahaman dan  penguasaan pelajar akan informasi. 


Kelemahan:




  • Bila informasi yang disampaikan pelajar kurang tepat (salah) karenanya informasi yang diterima pelajar lain pun akan kurang tepat. 


 sebelum melaksankan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan specimen  Take and Give  siapkan terlebih dahulu kartu yang berisi nama pelajar, bahan didik dan nama yang diberi informasi. contoh kartu dapat dilihat di gambar di bawah :


File Pendidikan

 

Pada mengerjakan sistem take and give ini ada beberapa yang langkah yang mesti dilakukan oleh pendidik  yaitu :



  1. Siapkan kelas dari yang mestinya.

  2. Jelaskan bahan sesuai topik menit.

  3. Bagi memantapkan penguasaan peserta, tiap pelajar diberi masing-masing satu kartu bagi dipelajari (dihapal) kurang lebih 5 menit.

  4. Segala pelajar disuruh berdiri dan mencari pasangan bagi saling menginformasikan bahan sesuai kartu masing-masing. Tiap pelajar mesti mencatat nama pasangannya di kartu control.

  5. Demikian seterusnya hingga tiap peserta dapat saling memberi dan menerima bahan masing-masing.

  6. Bagi mengevaluasi kesuksesan, berikan pelajar pertanyaan yang sesuai dengan kartunya (kartu orang lain).

  7. Strategi ini dapat dimodifikasikan sesuai keadaan.

  8. Kesimpulan.


sumber : http://filependidikan.informatie/rmasi/contoh-rpp-model-numbered-heads 


 

bagi lebih jelas nya silakan unduh contoh RPP dengan specimen pembelajaran Take and Give di listig di bawah ini :

 










Sumber https://edukafile.blogspot.com/

Shares

0 comments:

Post a Comment


Top